Welcome to my blog :)

rss

Kamis, 04 Februari 2010

Keresahan Para Petani Akibat Hama Padi


Saat ini para Petani sudah musim tanam padi, segala pupuk yang terbaik dijalankan, untuk kesuburan padi dan agar menghasilkan padi yang berkualitas bagus. Akan tetapi cuaca tak menentu, apa lagi sekarang ini musim hujan, dimana kadang banyak hama yang membuat resah para Petani. Khususnya di kampungku, kini para Petani dikeluhkan padinya kena hama yaitu kalau di kampungku namanya Keong ( bentuknya seperti siput tapi beracun ).




Menurut warga desa hama Keong ini yang susah di basmi, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam membasminya. Membutuhkan kesabaran karena harus terjun langsung ke lahan persawahan, menyisih tanam padi dan bergelut dengan lumpur. Aku salut kepada warga karena dengan kekompakan dan saling membantu satu sama lain, sehingga bisa di atasi meskipun membutuhkan waktu agak lama.

Semoga saja nantinya bisa panen dengan hasil yang bagus, dan tidak gagal panen seperti di daerah-daerah lain banyak yang gagal panen, karena banjir bandang. Para Petani tak bisa berbuat apa-apa, hanya pasrah kepada keadaan. Dan itu juga ulah dari tangan-tangan orang yang tak bertanggung jawab, dimana hutan di tebang yang mengakibatkan tanah lonsor, buang sampah sembarangan, sehingga banjir tak bisa kita elakan.





Sebenarnya jika manusia itu sendiri yang menjaganya, tidak akan terjadi. meskipun terjadi bisa di atasi dan tidak menelan korban dimana-mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar